Tentang Kami

Unit  Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) adalah unsur pelaksana STIKes Serulingmas Cilacap dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan STIKes Serulingmas Cilacap.

A. PROFIL

Unit  Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) adalah unsur pelaksana STIKes Serulingmas Cilacap dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan STIKes Serulingmas Cilacap. Bagian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) STIKes Serulingmas Cilacap merupakan salah satu unit kerja di bawah STIKes Serulingmas Cilacap yang melaksanakan tugas pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam hal pengembangan ilmu, UP2M STIKes Serulingmas Cilacap bekerja sama dengan pakar-pakar di bidang ilmu kesehatan maupun dalam hal metodologi penelitian. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh UP2M STIKes Serulingmas Cilacap sebagai sarana pengembangan keilmuan akademisi diantaranya, Kegiatan PKMD yang dilakukan oleh mahasiswa D-III Keperawatan dan D-III Kebidanan STIKes Serulingmas Cilacap setiap tahunnya, Penelitian dosen, penyuluhan sebagai bentuk pengabdian masyarakat, dan saat ini sedang membuat konsep untuk pembentukan “ Desa Binaan “. Dalam melaksanakan tugas penelitian, UP2M memberikan dana penelitian untuk dosen STIKes Serulingmas Cilacap di setiap tahunnya.

Sebagai pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi, UP2M STIKes Serulingmas Cilacap juga menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat. Dalam melaksanakan tugas pengabdian, UP2M STIKes Serulingmas Cilacap menjalin kerjasama dengan instansi/lembaga, baik lembaga pemerintah maupun swasta atas dasar kemitraan yang saling menunjang dan menguntungkan. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas perguruan tinggi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi berbagai bidang kehidupan dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, sebagai upaya memberikan sumbangan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki baik yang menyangkut sumber daya insani maupun pendanaan. Untuk melaksanakan tugas pengabdian masyarakat UP2M STIKes Serulingmas Cilacap memberikan bantuan dana dalam bentuk Rencana Anggaran untuk setiap tahunnya.

Bentuk pengabdian yang lain ialah pengabdian kepada masyarakat  yang diberikan kepada dosen STIKes Serulingmas Cilacap di setiap bulannya. Beberapa mitra yang telah menjalin kerjasama dengan STIKes Serulingmas Cilacap ialah Puskesmas Maos dan Balai Pengobatan Graha Amanah. Di samping itu, kegiatan Pengabdian Masyarakat juga dilakukan dengan intansi atau sekolah-sekolah yang membutuhkan penyuluhan maupun bantuan tenaga kesehatan.

Program kerja UP2M STIKes Serulingmas Cilacap terkait dengan Standar Operational Procedure (SOP) dan kebijakan arah pengembangan, dan program kerja STIKes Serulingmas Cilacap melalui visi dan misi UP2M diharapkan menjadi motivasi dalam menjalankan tugas sebagai salah satu lembaga yang langsung berhubungan dengan berbagai komponen masyarakat, UP2M juga berkewajiban membangun citra di dalam maupun di luar (masyarakat luas) melalui hasil-hasil penelitian, kajian, dan pengabdian yang dilakukan kepada masyarakat.

B. PENELITIAN

Penelitian sebagai salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan meningkatkan daya saing bangsa. Dalam melaksanakan tugas penelitian UP2M memberikan dana penelitian untuk dosen STIKes Serulingmas Cilacap. Selain, sumber dana internal, terdapat sumber dana eksternal yaitu dana yang berasal dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

C. PENGABDIAN MASYARAKAT

Pengabdian Masyarakat STIKes Serulingmas Cilacap merupakan implementasi nyata dari pendidikan dan penelitian yang diselenggarakan oleh civitas akademika STIKes Serulingmas Cilacap untuk masyarakat. Masyarakat luas sangat berharap Stikes Paguwarmas dapat berkiprah lebih banyak dalam menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera sehingga dapat mendukung dalam pembentukan generasi yang berkualitas. Dalam mengemban amanah “Tri Dharma Perguruan Tinggi’, tugas pengabdian masyarakat merupakan tuntutan yang wajib dilaksanakan. Pengabdian Masyarakat STIKes Serulingmas Cilacap dikoordinir oleh satu lembaga yang bernama Unit Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (UP2M). Dengan demikian, keluaran dan dampak yang dihasilkan dapat lebih baik dan terasakan oleh masyarakat Maos khususnya. Selain itu, kegiatan ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu dan sebagai wahana penelitian aplikatif.